Di jaman sekarang, tawaran cicilan tanpa jaminan datang dari segala arah. Baik itu lembaga konvensional kayak bank, sampai fintech pinjaman dan kredit online seperti Kredivo. Cicilan tanpa jaminan sendiri jenisnya beragam. Mulai dari pinjaman tunai, cicilan barang, sampai cicilan kendaraan, untuk berbagai kebutuhan. 

Banyak orang tertarik pakai cicilan tanpa jaminan karena berarti cicilan bisa dengan mudah diajukan kapan saja. Saking mudahnya ambil cicilan, biasanya, banyak juga orang yang jadi kurang waspada dengan tawaran cicilan tanpa jaminan yang datang. Pas lagi butuh, ada tawaran, langsung aja digunakan tanpa pikir panjang. 

Padahal, banyak sekali penyedia cicilan tanpa jaminan atau fintech yang statusnya ilegal dan tidak memiliki izin. Maka dari itu, jangan mudah tergiur dengan istilah “tanpa jaminan” atau “cair cepat”, ya. Kamu bisa kok melakukan riset sederhana supaya tahu mana tawaran cicilan tanpa agunan yang aman atau tidak dengan cara ini: 

 

Cicilan tanpa jaminan ditawarkan oleh perusahaan fintech yang jelas legalitasnya

Banyak sekali tawaran pinjaman tanpa jaminan yang masuk di SMS yang hampir semuanya adalah spam. Bukan cuma spam, pengirim SMS tawaran tersebut juga tidak jelas asal-usulnya. Biasanya, fintech yang legal dan kredibel, tidak melakukan penawaran pinjaman melalui SMS. Melainkan lewat platform lain seperti iklan Google, Facebook, Youtube, atau media sosial. 

Jika berminat pakai layanan cicilan online tanpa jaminan, yang pertama kali perlu kamu cek adalah siapa perusahaan di baliknya? Apabila informasi ini tidak bisa kamu temukan dalam banner, iklan, atau brosur, sebaiknya hati-hati. 

Pilih fintech cicilan tanpa jaminan yang nama brand atau perusahaannya jelas dan bisa kamu telusuri di internet, terutama situs OJK. Fintech yang sudah terdaftar di OJK, namanya otomatis akan tertera dan terupdate secara berkala dalam rilis yang diterbitkan oleh OJK. 

 

Memiliki sistem pendaftaran dan seleksi nasabah yang memadai

Dibanding cicilan konvensional yang membutuhkan banyak dokumen cetak, layanan cicilan online dari fintech umumnya memiliki sistem pendaftaran dan pengajuan cicilan yang lebih rapi karena berbasis online. 

Mulai dari akses situs atau unduh aplikasi, isi form data diri online, upload foto selfie, hingga mengupload berbagai dokumen pribadi yang dibutuhkan. Kemudian, pengguna hanya tinggal mensubmit pendaftaran dan menunggu approval. Praktis dan efisien. 

Selain legalitas perusahaan, sistem pendaftaran dan seleksi dari layanan cicilan tanpa jaminan juga bisa dengan mudah kamu cari tahu sendiri lewat situs atau aplikasinya. Fintech yang legal biasanya punya sistem daftar, pengajuan, dan seleksi yang terstruktur dan all in one dalam aplikasinya. Berbeda dengan yang ilegal, di mana untuk download aplikasi mungkin harus lewat file khusus, tidak ada di Google Play Store atau App Store. 

 

Punya informasi detail terkait biaya-biaya cicilan di awal

Bicara soal cicilan, berarti juga bicara soal aneka biaya yang menyertai cicilan. Yang mana ini berarti harus disesuaikan dengan kondisi keuangan kita sebagai calon nasabah. Nah, otomatis, biaya-biaya yang menyertai cicilan harus disertakan di awal informasinya agar nasabah bisa mempertimbangkan dengan matang. 

Cicilan tanpa jaminan yang aman, baik online atau offline, umumnya sudah pasti akan memberikan informasi ini secara jelas. Tidak ada yang disembunyikan apalagi harus ambil cicilan dulu baru bisa tahu bunga, biaya admin, dan lain sebagainya. 

Salah satu contohnya Kredivo, layanan cicilan online tanpa jaminan yang punya bunga rendah 2,6% per bulan. Cicilan di Kredivo berlaku untuk pinjaman tunai atau cicilan barang. Di mana untuk pinjaman tunai, tenor yang tersedia adalah 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. Sementara untuk cicilan barang, tenor yang tersedia adalah 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. 

Kredivo juga memiliki pilihan cicilan 0% khusus untuk tenor 3 bulan. Ada biaya admin sebesar 1% untuk jenis cicilan ini per bulannya. Jika memilih tenor lebih panjang, maka biaya adminnya sebesar 6% dari total cicilan dan hanya dibayarkan satu kali di awal saja. Nah, semua informasi tersebut dapat dengan mudah kamu temukan di situs Kredivo.id. 

 

Tidak menawarkan pendaftaran atau pengajuan pinjaman ke perorangan

Ada juga beberapa fintech yang menggunakan telemarketing atau tim sales untuk menawarkan layanan cicilan dan pinjamannya. 

Jika fintech tersebut legal atau sudah terdaftar, apalagi memiliki platform resmi untuk daftar, pihak tim sales biasanya akan mengarahkan calon nasabah untuk daftar langsung lewat platform tersebut. Tidak daftar lewat perorangan seperti mengirim data pribadi dan data-data lain langsung ke orang tertentu. 

Jika menemui tawaran tersebut, sebaiknya hati-hati sebab data-data kamu sangat berpotensi untuk disalahgunakan. Pastikan kamu daftar langsung melalui aplikasi atau situs resmi fintech yang legal agar lebih aman.