Kenapa joystick tidak terbaca di dalam game PC seperti PES 2017? Ternyata, salah satu alasannya adalah joystick yang kita miliki tidak kompatibel dengan game tersebut.

 

Misalnya saja joystick yang saya miliki. Saya memiliki twin USB joystick biasa dengan merk M-Tech yang saya beli di Lazada sekitar Rp80.000. Dilihat dari manapun, joystick tersebut sudah tentu tidak kompatibel dengan game-game PC saat ini.

 

Seperti terlihat di game Naruto Shippuden Ultimate Ninja Heroes Revolution pada screenshot di bawah ini, twin USB joystick tidak terdeteksi dengan status disconnected padahal joystick tersebut telah saya colokkan pada port USB laptop.

Lalu bagaimana cara mengatasi joystick USB pada pc yang eror?

Tenang saja karena kali ini saya akan membahas cara mengatasi joystick pc tidak terdeteksi di windows 10 perangkat komputer atau laptop.

Cara Mengatasi Joystick Tidak Terdeteksi

Ada beberapa cara mengatasi Cara Mengatasi Joystick Tidak Terdeteksi yang bisa kamu coba. Berikut beberapa cara mengatasinya:

1. Scan Dengan Antivirus

Sebelum ke cara yang lain, pertama kali yang harus kamu lakukan sebelum mengatasi Joystick tidak terdeteksi di Windows 10 baik dengan menginstall ulang driver Joystick untuk memperbaiki Joystick yang tidak terdeteksi atau cara yang lainnya, ada baiknya kalian mengscan komputer / laptop kalian dengan Antivirus.

Siapa tahu penyebab tidak terdeteksi Joystick sebelumnya adalah karena virus atau malware yang merusak driver Joysticknya. Jadi sebaiknya lakukan scan pada komputer atau laptop kamu sebelum menginstall driver Joystick untuk mengatasi masalah tidak terdeteksinya Joystick di Windows 10.

2. Menonaktifkan Antivirus

Seperti yang sudah disebutkan dalam penyebab Joystick tidak terdeteksi di Windows 10, kadang antivirus terlalu sensitif dan protektif sehingga tiba-tiba ada program atau aplikasi baik-baik tapi dideteksi sebagai virus, malware ataupun gangguan hingga akhirnya tidak bisa berjalan.